4 Cara Atasi Bunyi Hujan Agar Tak Sesali Harga Atap Multiroof Yang Dibeli

Sudah bayar mahal-mahal harga genteng metal multiroof, tetapi Anda malah terganggu gara-gara bunyi bising saat hujan turun? Tenang, Anda tak perlu langsung mengganti atap tersebut. Ada sejumlah cara yang dapat diaplikasikan pada proses pemasangan untuk mencegah kemungkinan tersebut.

Mengatasi bising akibat bunyi hujan

Bagi Anda yang sudah membeli multiroof dan tak ingin terganggu bunyi hujan saat beraktivitas dan beristirahat, silahkan terapkan langkah-langkah berikut:

  1. Pasang insulasi

Salah satu trik yang dapat membantu Anda menekan kebisingan adalah memasang insulasi. Jenis bahan yang bisa digunakan antara lain busa berlapis aluminium dan wol mineral. Kemudian, taruh di bawah multiroof yang sudah dipasang pada rangka. Insulasi berfungsi menyerap bunyi yang datang dari hujan maupun getaran yang kerap menyebabkan kegaduhan.

  1. Penempatan pelana dan plafon

Atap pelana adalah solusi lainnya yang dapat digunakan untuk menekan kebisingan saat hujan berlangsung. Lapisan tambahan tersebut biasanya dipasang di bagian atas atap untuk meredam bunyi apa pun. Kemudian, perhatikan juga plafon atau langit-langit yang dipasang, karena bagian tersebut dapat membantu menghalangi bebunyian menganggu masuk ke dalam ruangan.

  1. Perhatikan ketebalan atap

Ketebalan menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi harga genteng metal multiroof. Sebaiknya pilih ketebalan antara 0,25 sampai 0,30 mm saat Anda memilih multiroof sebagai atap. Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan produk dengan kekuatan lebih baik, termasuk mengurangi tingkat bunyi bising dibandingkan jenis atap lain yang lebih tipis.

  1. Siapkan material alternatif

Bagaimana kalau langkah-langkah di atas tak memberikan hasil yang diharapkan? Anda dapat mempertimbangkan jenis atap lain yang lebih tenang dibandingkan multiroof. Produk alternatif yang sering kali disarankan adalah atap beton dan bitumen. Pelajari juga kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan sebelum memastikan apakah produk tersebut adalah solusi yang diperlukan.

Jangan lupa untuk memberikan pemeliharaan berkala pada multiroof. Langkah ini kadang masih dilupakan, terutama oleh orang-orang yang menganggap harga genteng metal multiroof mahal sudah memberi perlindungan tanpa masalah, termasuk saat hujan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top