Veneer Gigi Bandung: Pengertian, Jenis, dan Prosedur Veneer Gigi

Perlukah melakukan veneer gigi? Istilah veneer gigi memang tidak asing di telinga kita semua akhir-akhir ini terutama veneer gigi bandung yang bisa ditemui masyarakat Bandung. Ya, jenis perawatan gigi yang satu ini memang tengah digandrungi oleh banyak orang tak terkecuali para publik figur di tanah air. Jika  Anda perhatikan, memang saat ini ada banyak artis-artis terkemuka yang memiliki tampilan gigi super putih dan bersih cemerlang. Nah, tampilan gigi seperti itulah yang disebut juga dengan veneer gigi.

Pengertian Veneer Gigi

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah pengertian tentang veneer gigi. Veneer gigi adalah salah satu jenis perawatan estetika untuk gigi yang memiliki tujuan utama untuk meningkatkan tampilan gigi. Selain mampu memutihkan dan mencerahkan gigi, perawatan yang satu ini juga dilakukan untuk mengatasi berbagai permasalahan pada gigi. Contohnya adalah perbaikan pada gigi yang rusak, tanggal, dan beelubang.

Namun sedikit berbeda dari perawatan lainnya yang biasanya langsung diaplikasikan pada gigi, veneer tidaklah demikian. Proses perawatan gigi menggunakan veneer adalah dengan menempelkan suatu lapisan tertentu pada gigi. Dengan demikian, tampilan gigi menjadi lebih bagus dibandingkan tampilan sebelumnya.

Jenis Veneer Gigi

Secara umum, terdapat 2 macam veneer gigi, yaitu direct dan indirect veneer. Direct veneer adalah dengan melapisi secara langsung permukaan gigi dengan resin komposit. Sementara itu, indirect veneer adalah proses melapisi gigi dengan lapisan berbentuk gigi yang sudah terbentuk sebelumnya. Bahan yang biasa digunakan adalah porselen.

Proses pelapisan veneer gigi pada direct veneer cukup cepat dan bisa selesai hanya dalam satu kali kunjungan saja. Veneer jenis ini juga cukup tahan lama bahkan hingga 10 tahun asal penggunanya mengikuti prosedur dengan benar. Contohnya adalah dengan tidak merokok dan tidak mengonsumsi makanan dan minuman pengusaha warna gigi seperti kopi, teh, dan kudapan berwarna.

Sementara itu, indirect veneer membutuhkan waktu yang lebih lama dan rumit. Hal ini karena dokter gigi harus memeriksa dan melakukan percetakan gigi dengan menggunakan bahan porselen. Akan tetapi, hasilnya memang lebih bagus dibandingkan dengan direct veneer karena gigi tampak lebih rapi dan natural. Selain itu, jenis ini juga lebih tahan lama hingga 15 tahun. Klinik veneer gigi bandung dan kota-kota lainnya pun juga menerapkan hal ini.

Prosedur Veneer Gigi

Baik veneer gigi direct maupun indirect, prosedurnya dimulai dengan pemeriksaan gigi dan mulut. Dokter gigi akan meminta Anda untuk melakukan rontgen untuk hasil yang lebih akurat. Berikutnya, gigi akan discaling agar permukaan menjadi benar-benar bersih sebelum dilapisi veneer.

Untuk direct veneer, tahapan selanjutnya adalah dengan melapisi gigi dengan lapisan resin komposit hingga merata. Sementara itu, jika Anda memiliki indirect veneer, lapisan gigi harus dicetak terlebih dahulu. Pemasangan dilakukan pada kunjungan berikutnya setelah veneer sudah jadi.

Bagi Anda yang tinggal di daerah Bandung, Anda bisa melakukan pemasangan veneer di klinik veneer gigi Bandung terpercaya. Lakukan survey terlebih dahulu untuk klinik terbaik agar hasilnya memuaskan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top