Kekurangan Memasang Insulasi Atap

Insulasi atap menawarkan beragam kelebihan, seperti suhu panas yang berkurang sehingga hunian lebih nyaman, efisiensi energi, dan perlindungan lingkungan. Selain itu, lapisan ini juga berguna untuk meredam suara, baik dari dalam maupun luar ruangan. Namun, sama seperti hal lainnya, atap insulasi juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu jadi pertimbangan.

Biaya yang Mahal

Beberapa jenis insulasi seperti insulasi aluminium foil dan bubble foil dijual dengan harga yang cukup tinggi. Jika Anda tidak bisa memasangnya sendiri, Anda pun juga perlu mengeluarkan anggaran untuk menyewa jasa pemasangan insulasi. Namun, terdapat pula jenis insulasi yang cukup terjangkau, seperti insulasi glass wool dan panel Styrofoam.

Perawatan Rutin

Selain biaya pembelian, Anda juga perlu menyisihkan anggaran untuk perawatan insulasi atap. Perawatan secara berkala diperlukan untuk menjaga kualitas dan ketahanan bahan insulasi, terutama pada beberapa jenis yang rentan terhadap kerusakan atau degradasi seiring berjalannya waktu. Hal ini tentunya juga perlu menjadi pertimbangan.

Ketahanan Terhadap Kelembaban

Beberapa jenis atap insulasi rentan terhadap lembab dan air, sehingga dapat mengalami kerusakan. Jika insulasi tidak tahan terhadap kelembaban, maka kemampuannya untuk mengurangi suhu panas pun berkurang. Karena itu, penting untuk mengetahui terlebih dahulu karakteristik dari setiap jenis atap insulasi. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan pihak penjual agar menemukan jenis insulasi yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

Dampak Negatif Terhadap Lingkungan

Atap insulasi memang dapat mengurangi emisi gas rumah kaca. Karena dengan suhu panas dalam ruangan yang berkurang, penggunaan perangkat pendingin dan pemanas ruangan pun berkurang juga. Namun, ada jenis insulasi yang menggunakan bahan kimia tertentu pada proses pembuatannya, yang mana tidak aman bagi lingkungan.

Beberapa bahan kimia tertentu bahkan juga dapat berbahaya bagi manusia. Sangat disarankan untuk mengetahui dan mempertimbangkan bahan produksi insulasi yang akan dipilih untuk menghindari kekurangan ini.

Itu tadi adalah kekurangan dari penggunaan insulasi. Selain kelebihan, kekurangan atap insulasi juga perlu dipertimbangkan. Sehingga, Anda sebagai pengguna tidak akan merasa dirugikan dengan penggunaan insulasi atap.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top