6 Fungsi Utama Yang Dimiliki Besi CNP

Besi CNP pada umumnya akan dipakai untuk menopang konstruksi maupun beban yang berat. Bila besi tersebut dibuat menggunakan bahan yang kurang kokoh dan juga mudah rapuh, maka bisa dipastikan benda maupun konstruksi apa saja yang ditopangnya akan sangat mudah roboh. Berikut ini adalah beberapa fungsi yang dimiliki besi CNP yang umumnya dipakai dalam sebuah konstruksi. 

  1. Rangka Atap Bangunan

Pada bangunan yang lama umumnya rangka atap yang dimilikinya masih memakai material dari kayu. Pemakaian material tersebut pastinya akan ada kekurangannya karena memang rawan rapuh yang disebabkan oleh rayap. Rangka atap di bangunan modern umumnya sudah akan memakai besi CNP. 

Pemilihan besi CNP ini untuk rangka atap bila dibandingkan dengan material yang lainnya karena memang mempunyai tingkat kekuatan yang baik. Pemakaian besi CNP sebagai rangka juga memiliki banyak sekali kelebihan, yaitu terhindar dari serangan rayap. 

  1. Sebagai Purlin

Purlin adalah balok dudukan untuk penutup atap, konstruksi atap besi CNP sangat sering dipakai untuk purlin karena memiliki daya tahan yang kuat dan kokoh sehingga bisa menopang benda di atasnya. Purlin ini adalah salah satu komponen penting pada atap dan besi CNP menjadi salah satu purlin terbaik. 

  1. Partisi Dinding dan Jendela

Besi CNP juga sering dipakai untuk partisi maupun sekat. Ada beberapa dinding memakai sekat untuk pemisah supaya dinding tersebut tetap dalam keadaan kokoh dan juga kuat. Besi CNP cocok dipakai untuk partisi dinding dan jendela. 

  1. Bahan Pagar Bangunan

Bangunan-bangunan besar seperti mall, gedung perkantoran akan memakai besi CNP sebagai bahan dasar pagarnya. Harga besi CNP juga cukup terjangkau sehingga sering dipilih sebagai bahan awal pagar bangunan karena memang mempunyai ketahanan dan kekuatan yang baik sehingga tidak akan mudah ambrol dan memberikan keamanan tinggi.

  1. Dudukan Plafon

Besi CNP sangat cocok dipakai untuk dudukan plafon maupun asbes. Plafon maupun asbes ini bisa disusun dengan rapi dan juga terikat dengan begitu kuat bila menggunakan besi untuk dudukannya. 

  1. Kerangka Bangunan

Besi CNP banyak digunakan untuk kerangka bangunan, seperti atap. Bahannya ringan tetapi kokoh membuatnya mudah diaplikasikan pada atap sehingga akan menjadi pilihan untuk banyak orang. Atap yang baik memang harus terbuat dari material dasar dan bersifat ringan. Hal ini bermanfaat untuk keamanan, jika suatu saat atap roboh karena diterpa badai yang kuat tidak akan berbahaya untuk objek yang ada di bawahnya. 

Itulah, beberapa fungsi yang dimiliki oleh besi CNP tetapi yang harus selalu perhatikan bila pemakaian rangka besi ini di pengecoran lantai dua harus perhatikan desain bangunannya dan pastikan bila struktur atap tersebut bisa menopang beban pengecoran. Hal tersebut harus selalu diperhatikan supaya prosesnya bisa berjalan aman dan lancar sehingga hasilnya memuaskan. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top