Pemakaian Pacing Device Untuk Praktek Dokter Jantung Di Surabaya

Ketika mengunjungi tempat praktek dokter jantung di Surabaya, Anda pasti akan menemukan sejumlah peralatan untuk menunjang pemeriksaan. Salah satunya adalah pacing device atau alat pacu jantung. Di National Hospital, pasien dapat menemui dr. Gunawan Yoga, Sp.JP untuk menerima pemeriksaan dengan perangkat tersebut.

Profil dan peran dokter

Disitat dari website resmi National Hospital, dr. Gunawan Yoga, Sp.JP tercatat sebagai lulusan Fakultas Kedokteran, Universitas Airlangga. Beliau lantas mengambil spesialis kardiologi di Universitas Sam Ratulangi, Manado. Tak hanya itu, namanya berada dalam daftar Fellowship Electrophysiology and Pacing di Rumah Sakit Jantung Binawaluya.

Sejumlah pelatihan pun telah dilakukan dr. Gunawan Yoga, Sp.JP. Di antaranya Crash Course Vascular di Departemen Kedokteran Vaskular PJN Rumah Sakit Harapan Kita Jakarta, WECOC (2011 dan 2012), ASMIHA (2014, 2015, 2017), dan Acute Cardiovascular Care di PERKI (2016).

Pada praktiknya, pacing device atau alat pacu jantung yang digunakan dokter seperti dr. Gunawan Yoga, Sp.JP menjadi bagian prosedur untuk menangani penyakit jantung. Misalnya gangguan irama jantung (aritmia), khususnya untuk jenis irama lambat (bradikardia).

Di sejumlah lokasi praktek dokter jantung di Surabaya, alat pacu jantung biasanya akan dipasang pada bagian bawah kulit dada. Fungsi utamanya adalah membantu mengendalikan denyut jantung supaya kembali teratur. Adapun cara kerjanya adalah dengan mengirimkan sinyal listrik, sehingga jantung bisa berdenyut dalam frekuensi normal.

Ada tiga jenis alat pacu jantung atau pacing device yang biasanya dipakai para dokter. Antara lain single chamber pacemaker, biventricular pacemaker, serta dual chamber pacemaker.

Mengatur jadwal pertemuan

Jika belakangan Anda merasakan ritme jantung tak normal dan disertai gejala tertentu, segera konsultasikan bersama spesialis seperti dr. Gunawan Yoga, Sp.JP. Website National Hospital pun sudah menyediakan jadwal praktek yang dapat pasien cek pada profil. 

Kemudian setelah menemukan hari dan jam yang sesuai, Anda dapat membuat jani temu secara online. Caranya cukup tekan tombol Appointment Now atau Jadwalkan Pertemuan untuk kunjungan praktek dokter jantung di Surabaya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top