Mengenal 3 Jenis Cat Primer Besi Beserta Keunggulannya

Di pasaran, ada berbagai jenis cat yang bisa Anda gunakan untuk material logam, mulai dari cat primer besi sampai dengan cat yang digunakan untuk lapisan akhir. Cat primer sendiri adalah bagian yang nantinya bisa diterapkan pada lapisan dasar. Kemudian untuk fungsinya, umumnya jenis cat ini digunakan untuk memberikan perlindungan serta menyiapkan permukaan besi. Sehingga nantinya cat akhir akan lebih menempel dengan sempurna. 

Jenis-jenis Cat Primer Besi

Dalam memilih cat primer besi, pastikan untuk pilih jenis cat yang dapat memberikan perlindungan serta penampilan yang baik. Ada banyak sekali jenis cat primer yang tersedia di pasaran. Namun di artikel kali ini, kita akan membahas 3 jenis cat primer besi yang biasa digunakan untuk kebutuhan bangunan.

  1. Epoxy

Cat epoxy merupakan jenis cat primer besi yang kerap dipakai di permukaan logam. Jenis cat yang satu ini umumnya terdiri dari dua komponen yang harus dicampur dulu sebelum dipakai, yakni resin epoksi dan juga pengeras. Untuk pengaplikasiannya sendiri cukup beragam, misalnya saja pada bangunan, mobil, ataupun kapal laut.

Untuk keunggulan dari jenis cat ini yaitu memiliki ketahanan terhadap karat dan juga kelembaban. Selain itu, cat satu ini juga mempunyai daya rekat yang cukup kuat.

  1. Polyurethane

Jenis cat primer besi berikutnya yaitu polyurethane yang umumnya dipakai untuk permukaan logam yang kerap terpapar sinar matahari. Untuk itu, salah satu keunggulan yang harus Anda ketahui dari jenis cat ini yaitu ketahanannya terhadap sinar UV, tahan lama, serta bisa memberikan perlindungan terhadap karat. Hal tersebut kemudian menjadikan jenis cat primer besi ini sebagai pilihan terbaik untuk melindungi permukaan besi yang kerap terkena sinar matahari secara langsung.

  1. Alkyd

Alkyd adalah salah satu jenis cat primer besi yang umumnya dipakai sebagai alternatif epoxy dan juga polyurethane. Selain itu, jenis cat ini juga dikenal bisa memberikan perlindungan terhadap karat dan mempunyai daya rekat yang cukup kuat pada permukaan besi.

Itulah beberapa jenis cat primer besi yang dapat Anda gunakan. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top