Fakta Menarik Dan Harga Kaso Baja Ringan

Demi mendapatkan struktur bangunan yang tahan lama, anda pastinya harus selektif dalam memilih material bangunan. Salah satu material andalan adalah kaso baja ringan, terlebih harga kaso baja ringan terbilang murah untuk kualitasnya tersebut.

Baja ringan sendiri merupakan material yang mudah dijumpai dan umum digunakan di Indonesia. Untuk menambah khazanah pengetahuan, mari simak artikel berikut ini.

Kenapa Baja Ringan Banyak Dipakai?

Apakah anda sadar bahwa hampir kebanyakan struktur bangunan ruko, rumah, dan lainnya mengandalkan baja ringan sebagai atap, pagar atau rangka? Material satu ini memang menawarkan banyak keunggulan.

Terbuat dari campuran zinc, aluminum, mangan, karbon, tembaga, dan silikon. Ini alasan kenapa baja ringan banyak dipakai : 

  • Hemat biaya

Mencari cara bagaimana dapat menghemat biaya tanpa menurunkan kualitas material, hal satu ini anda dapatkan dari baja ringan yang lebih murah, ringan, praktis, tetapi tahan lama dan kokoh sebagai rangka bangunan.

  • Cepat dirangkai

Proses perangkaian baja ringan pun tak akan memakan waktu lama, sehingga proyek pembangunan dapat selesai lebih cepat dibandingkan menggunakan material dan metode tradisional.

Tenaga ahli juga tidak perlu kerepotan mengukur setiap batangnya, sebab ukurannya yang seragam.

  • Serbaguna

Baja ringan juga punya nilai keserbagunaan yang tinggi. Mudah dibentuk, cocok untuk banyak kebutuhan konstruksi misalnya rangka atap, rangka bangunan, pagar, dan masih banyak lagi.

  • Tahan lama

Tahan lama jadi alasan lain mengapa baja ringan dan turunannya jadi pilihan terbaik soal rangka konstruksi. Pasalnya, material tersebut tahan lama, anti-rayap, serta perawatannya sangatlah mudah.

  • Ramah lingkungan

Baja adalah produk yang mudah didaur ulang, sehingga dapat mengurangi pemakaian energi dan emisi CO2 di masa depan. Dengan konektor yang saling rapat, air hujan pun pun tak mudah masuk ke dalam bangunan.

Mengenal Kaso Baja Ringan

Di toko bahan bangunan anda akan menjumpai banyak jenis-jenis baja ringan, salah satunya adalah kaso atau truss. Lantas seperti apa jenis baja tersebut dan perbedaannya?

  • Lebih banyak zinc

Kaso secara keseluruhan mengandung lebih banyak zinc, sementara dari fungsinya kaso digunakan untuk rangka atap sebelum anda memasangkan genteng di atasnya, atau dijadikan kuda-kuda dan penguat tiang.

  • Tebal dan kuat

Baja kaso ini unggul dari segi kekuatan sebab memiliki ketebalan 0,75-1 mm. 

  • Mirip 2 jenis baja ini

Fakta menariknya, kaso punya tampilan hampir serupa baja hollow atau gabungan 2 baja ringan bondek. Baja bondek ialah jenis baja yang dijadikan rangka tulangan atap, pelapis, sampai pembungkus penahan beban beton. Bentuknya sudah lembaran.

Sementara baja hollow bentuknya balokan panjang dengan bagian tengah kosong.

Nah, itu dia alasan baja ringan kerap diandalkan sekaligus fakta menarik seputar baja kaso. Untuk informasi harga kaso baja ringan, segera hubungi toko material pilihan anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top