Intip Materi Kuliah S1 Data Science Dan Prospek Karirnya

Pernahkah anda mendengar kuliah S1 data science? Jurusan ini terbilang baru dan lulusannya semakin dicari oleh banyak perusahaan tiap tahunnya. Data sains mengajak mahasiswa untuk belajar bagaimana mengatur serta mengumpulkan data sebelum mengambil keputusan. Program ini merupakan interdisipliner dari program yang menggabungkan statistika, ilmu komputer, ilmu sosial, matematika, hingga bisnis.

Apa yang Dipelajari?

Berbeda dari kebanyakan jurusan, program data sains mengkolaborasikan beberapa disiplin ilmu, mulai dari matematika, ilmu komputer, dan pengolahan data besar. Tak sampai di situ saja, anda juga akan dibekali keahlian lainnya seperti desain grafis, storytelling, hingga public speaking. Melalui program tersebut pesertanya dapat mulai membangun pengetahuan dan sederet keahlian yang dibutuhkan untuk mengumpulkan, menjelaskan, visualisasi data sejalan dengan tren dan algoritma.

Materi yang Dipelajari

Jurusan data sains di tiap kampus mungkin punya materi berbeda, namun sebagai gambaran anda akan mempelajari beberapa materi seperti berikut : 

  • Ilmu data, materi yang diajarkan analisis algoritma, dasar-dasar data sains, serta penggalian data.
  • Ilmu komputer, keilmuan ini mengajarkan struktur data, bahasa pemrograman, sistem operasi, dan kecerdasan buatan (AI).
  • Matematika akan mempelajari aljabar linear, kalkulus 1 dan 2, statistika, probabilitas, dan matematika diskrit.

Karir Paling Diminati dari Data Sains

Data sains membuka peluang besar terhadap karir yang mumpuni, mengingat keilmuannya terbilang luas. Di masa sekarang sudah semakin meningkat permintaan perusahaan akan ilmuwan data sains yang mampu mengumpulkan, menginterpretasi, dan presentasi data besar di hadapan atasan untuk membuat keputusan yang jelas. Berikut beberapa karir yang selinier dengan data sains :

  1. Ilmuwan Data

Karir di urutan pertama ialah menjadi seorang ilmuwan data. Di sini anda bertanggung jawab untuk mengumpulkan, memperjelas, dan menyusun data dalam skala besar untuk kebutuhan organisasi dan perusahaan kecil hingga global.

  1. Insinyur Mesin Pembelajaran

Di era digital kini banyak tersedia kelas-kelas online yang di dalamnya ada peran seorang lulusan data sains. Anda akan menciptakan corong data, implementasi solusi perangkat lunak, sampai pengujian sistem aplikasi. 

  1. Insinyur Data

Mendaftarkan diri sebagai insinyur data membuka banyak kesempatan berkarir yang lebih luas. Anda akan diminta memproses data secara real-time sebelum diserahkan kepada supervisor dan tim pemasaran, manajemen, dan lainnya. Insinyur data juga mencakup tugas membangun dan memelihara saluran data demi penyajian informasi.

  1. Arsitek Data

Seorang arsitek data memiliki banyak tanggung jawab, termasuk mendesain aplikasi untuk beberapa platform, menciptakan database, dan memastikan data menemui solusi untuk capai ekspektasi yang diharapkan.

  1. Ahli Statistika

Ahli statistika mampu mendeteksi tren dan relasi antar data melalui proses pengumpulan, analisis, dan interpretasi untuk membantu perusahaan memutuskan pilihan lintas departemen.

Itu dia materi yang umum dipelajari dalam kuliah S1 data science serta karir yang selinier. Tertarik mengambil program ini?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top