Mau Bleaching Gigi Terdekat? Ini Yang Harus Diperhatikan!

Warna gigi yang menguning jadi masalah baru bagi mereka yang gemar menikmati makanan minuman berwarna seperti kopi. Untungnya ada bleaching gigi terdekat yang mampu menghempaskan warna tersebut.

Baik sebelum dan sesudah pemutihan gigi, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Mari simak informasi selengkapnya berikut!

Bagaimana Bisa Gigi Jadi Menguning?

Sama seperti kulit, gigi juga sebenarnya memiliki pori-pori. Makanan dan minuman bisa menempelkan warna pada gigi karena kontak langsung dengan pori-pori dan meresapnya. 

Beberapa makanan dan minuman ini dapat memperparah warna gigi anda, seperti :

  • Anggur merah
  • Minuman soda
  • Kopi
  • Teh
  • Saus tomat
  • Cuka balsamik
  • Kecap asin

Persiapan untuk Bleaching Gigi

Pemutihan gigi akan menggunakan gel pemutih yang meresap ke dalam pori gigi, memecahkan ikatan kimiawi dari noda tersebut yang memakan waktu beberapa menit, dan kemudian mencerahkan gigi pada dalam berbagai tingkatan.

Apa saja persiapan yang dilakukan sebelum bleaching gigi?

  • Cek kesehatan gigi

Pertama, anda akan melakukan pemeriksaan gigi apakah ada yang berlubang atau tidak. Pemutihan gigi mungkin tak dapat dilakukan apabila kondisi gigi tidak memungkinkan.

  • Pembersihan gigi

Supaya tidak ada sisa kotoran menempel biasanya pasien akan menjalani pembersihan gigi dari bakteri, sisa makanan, dan benda lain yang bisa mengganggu proses pemutihan.

Setelah evaluasi kesehatan gigi dokter juga mungkin akan mengambil foto gigi anda sebelum proses perawatan untuk melacak perkembangan.

Begini Proses Bleaching Gigi

Perawatan diawali dengan pemasangan retraktor pipi dan pelindung lidah. Kemudian gigi akan dibilas dan dikeringkan sebelum dipasang pelindung gusi atas dan bawah.

Berikutnya, dokter mulai mengoleskan gel pada gigi dan menggunakan cahaya laser untuk mengaktifkan bahan peroksida untuk melunturkan warna selama 15 menit.

Umumnya proses pemutihan gigi ini akan membutuhan 3-4 kali kunjungan, namun jika noda pada gigi lebih bandel dapat diulang hingga enam kali.

Perawatan Sesudah Bleaching Gigi

Tak kalah pentingnya, sayang jika hasil pemutihan tidak dirawat dengan baik. Berikut empat cara perawatan gigi pasca pemutihan :

  1. Hindari makanan berwarna

Sesuai prosedur, 48 jam pertama adalah masa krusial gigi karena lebih mudah kotor kembali. Untuk hasil maksimal dan warna tetap putih, hindarilah konsumsi makanan minuman berwarna.

  1. Kurangi makanan asam

Soda, lemon, acar, limun, dan panganan mengandung asam juga perlu dihindari sebagai bagian perawatan. Karena kondisi pori, enamel terbuka asam dapat memudarkan hasil pemutihan gigi.

  1. Hindari makanan panas dan dingin

Gigi jadi lebih sensitif seusai perawatan, sehingga perlu menghindari makanan yang terlalu panas atau dingin. Konsumsilah sayur atau buah, dan langsung bersihkan gigi setelah makan.

Bleaching gigi terdekat membutuhkan perawatan ekstra setelahnya, namun sepadan akan hasilnya. Tertarik untuk mencobanya?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top