Begini Cara Memilih Baja Ringan Terbaik untuk Atap Hunian

Bagi Anda yang mungkin tertarik menggunakan bahan material baja ringan terbaik untuk konstruksi atap hunian rumah, maka sebaiknya perlu memperhatikan beberapa hal penting dalam pemilihan. Adapun pemilihan baja ringan tersebut, bisa Anda simak baik – baik pada penjelasan yang ada di bawah ini.

Cara memilih baja ringan untuk atap hunian

Sebagai salah satu bahan material yang penting dalam pendukung konstruksi bangunan, terutama untuk atap rumah, Anda perlu tahu dan paham mengenai cara pemilihan baja ringan di pasaran. Dengan demikian, maka Anda akan mendapatkan baja ringan yang berkualitas. Untuk memilih baja ringan di pasaran, Anda bisa memperhatikan beberapa hal penting berikut ini.

  1. Pilih baja ringan yang memiliki kandungan alumunium zinc

Ketika memilih baja ringan, hal penting yang harus diperhatikan yakni pastikan bahan material tersebut memiliki kandungan aluminium zinc atau galvalum. Jika baja ringan yang Anda pilih memiliki kandungan ini, maka dipastikan baja ringan tersebut memiliki tingkat ketahanan terhadap karat yang baik. 

  1. Cek tingkat ketebalannya

Selanjutnya, Anda juga perlu mengecek tingkat ketebalan yang dimiliki oleh baja ringan terbaik tersebut. Untuk ukuran ketebalan dasar baja ringan dasar Base Metal Thickness (BMT) sendiri, biasanya yakni 0,20 – 0,45 mm. Sedangkan masa lapisan alumunium seng bagi atap, biasanya yakni berukuran 70 dan pastikan sudah berlabel SNI.

  1. Perhatikan tegangan tarikan yang dimiliki

Jika Anda ingin menggunakan baja ringan untuk atap, maka sebaiknya memperhatikan tegangan tarikan di bagian atap. Yang mana untuk standar minimal grade-nya pada penggunaan atap rumah yang baik, yakni G300 dan G550 atau nilai tegangan tarikan sekitar 300 Mpa dan 550 Mpa. 

  1. Gunakan baja ringan atap yang sudah bergaransi

Yang tidak kalah penting ketika memilih baja ringan di pasaran, yakni pilih yang sudah bergaransi. Dengan adanya garansi yang ditawarkan, maka bisa dipastikan jika baja ringan yang dijual tersebut memang memiliki kualitas terbaik dan sudah lulus uji coba serta sesuai dengan standar.

Jadi, itulah tadi beberapa tips penting yang perlu Anda perhatikan baik – baik dalam pemilihan baja ringan terbaik di pasaran agar tidak merasa dirugikan nantinya. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top