Ini Perkembangan Mesin Kopi Espresso, Dari Traditional Espresso Machine Hingga Modern

Bagi pecinta kopi, mungkin tak asing lagi dengan mesin pembuat kopi espresso. Dari tahun ke tahun perkembangannya cukup signifikan, dan kini terdapat berbagai jenis mesin kopi espresso yang tersedia, yaitu seperti traditional espresso machine, automatic, dll. Seiring perubahan zaman, mesin espresso mengalami evolusi, namun tahukah anda awal perkembangan mesin espresso?

Negara Pertama yang Menghadirkan Mesin Kopi Espresso

Popularitas kopi di Eropa saat abad ke 19 sangatlah tinggi. Karena banyaknya permintaan pasar dan besarnya keinginan orang-orang di sana untuk meminum kopi dengan proses singkat, membuat sejumlah ahli memutar otak. Kemudian dibuatlah sebuah mesin yang dapat menjadi solusi instan untuk bisa membuat kopi dalam jumlah yang banyak.

Negara Italia jadi negara pertama yang sukses menghadirkan mesin kopi espresso. Terdapat seorang pria dari Turin, Italia bernama Angelo Moriondo yang berhasil membuat coffee espresso machine pertamanya, yang mana itu merupakan cikal bakal mesin espresso saat ini. 

Namun saat itu, mesin espresso yang ia buat masih berupa traditional espresso machine atau mesin yang masih tradisional dan masih memiliki kekurangan. Mesinnya tersebut belum dapat memenuhi kebutuhan di dalam memuaskan para penikmat kopi.

Inovasi Terus Dilakukan

Tahun 1901, pengusaha dari Milan yang bernama Luigi Bezzera mengembangkan mesin Angelo, dan lahirlah mesin espresso single shot pertama kali. Namun, sayangnya mesin itu belum sepraktis perkiraan orang-orang. Kemudian beberapa tahun selanjutnya, seorang bernama Achille Gaggia turut mengembangkan mesin espresso dan mampu mengembangkannya lebih baik daripada sebelumnya.

Tak berhenti sampai disitu, inovasi mesin espresso selanjutnya adalah di sekitar tahun 1960-an. Ernesto membuat mesin kopi espresso dengan berbagai inovasi terbaru saat itu, salah satunya yaitu memberi inovasi berupa pompa bermotor. Mesin espresso buatannya tersebut menjadikannya masuk ke jajaran mesin kopi yang paling berpengaruh di dalam sejarah kopi di dunia.

Itu dia sekilas cerita tentang perkembangan mesin kopi espresso, dari yang awalnya masih berupa traditional espresso machine, kemudian diinovasikan dengan berbagai penemuan terbaru. Saat ini pun perkembangan mesin kopi espresso masih terus berlanjut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top