Sebelum Beli Electric Griddle, Perhatikan 3 Hal Penting Ini!

Ingin memasak menggunakan alat praktis tanpa minyak atau gas? Electric griddle adalah peralatan yang dapat Anda pertimbangkan sebagai pilihan yang tepat sehingga banyak yang jual Electric griddle saat ini. Namun, Anda yang belum pernah memakai alat ini pasti masih bingung saat hendak membelinya. Apa saja yang perlu diperhatikan supaya griddle bermanfaat saat dipakai?

Panduan membeli electric griddle

Membeli peralatan dapur memang harus hati-hati. Kalau sampai salah dan tak memperhatikan spesifikasi, produk tadi malah akan menyebabkan masalah. Anda yang berencana membeli griddle yang ditenagai listrik setidaknya perlu memperhatikan tiga hal ini:

  1. Tujuan memakai griddle

Apa yang ingin Anda dapatkan saat memakai electric griddle? Apakah uang yang dikeluarkan ditempat jual electric griddle sebanding dengan manfaat yang dirasakan? 

Pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda untuk memantapkan niat saat hendak membeli alat tersebut. Jadi kalaupun harus ditunda atau batal, tak akan ada penyesalan yang Anda rasakan.

Sebagai gambaran umum, griddle berbasis listrik mempunyai plat datar berbentuk persegi yang dilengkapi pengaturan suhu. Fitur ini yang memungkinkan Anda memanas sesuai panas yang dibutuhkan. 

Di balik kepraktisannya, alat ini juga mempunyai kekurangan yang perlu diantisipasi seperti akan ikut mati saat pemadaman listrik terjadi.

  1. Jenis makanan yang bisa dimasak

Electric griddle cocok digunakan untuk membuat hidangan-hidangan sederhana. Misalnya saja pancake atau telur orak-arik untuk sarapan. Permukaannya yang cukup lebar pun memungkinkan Anda mengolah makanan yang beragam. Termasuk barbeque seperti yang sering dilakukan juga  pada griddle konvensional yang memakai gas. 

Sebagian besar griddle pun menggunakan material non-stick, sehingga makanan tak mudah menempel pada permukaan. Dengan kata lain, Anda bisa mengolah makanan tanpa minyak atau mentega berlebih. 

Biarkan panas yang sudah diatur mematangkan makanan-makanan yang Anda tempatkan sedemikian rupa hingga menghasilkan rasa yang lezat.

  1. Ukuran griddle yang digunakan

Ukuran sangat berpengaruh terhadap pengalaman Anda memakai griddle. Alat yang kecil tentu memberikan benefit bagi orang-orang yang mempunyai dapur mungil. Anda yang gemar traveling juga dijamin akan lebih leluasa saat memakainya. 

Sementara griddle berukuran besar cocok untuk Anda yang senang menjamu teman dan keluarga dalam porsi melimpah.

Hal lain yang membuat ukuran electric griddle perlu diperhatikan adalah tempat penyimpanannya. Beberapa produk memiliki dimensi yang hampir sama dengan cutting board, hanya saja lebih besar. 

Ada pula yang dilengkapi dual thermostat. Sejumlah produsen bahkan merancang griddle mereka agar mudah dibongkar pasang agar fleksibel.

Kalau masih ragu, Anda bisa bertanya kepada pihak yang jual electric griddle atau orang-orang yang memakai peralatan tersebut. Gali informasi terkait merek, fitur, dan jaminan yang diberikan pada pembelian pertama. Dengan begitu, electric griddle pilihan Anda akan memberikan berbagai benefit optimal dalam pengolahan makanan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top