Cocok Untuk Berbagai Macam Bangunan, Ini Dia Jenis Genteng Metal Minimalis yang Bisa Anda Pilih

Genteng metal minimalis merupakan salah satu jenis atap yang terbuat dari material logam. Adapun keunggulan dari jenis atap yang satu ini adalah cukup ringan, jadi tidak akan memberikan beban berat untuk struktur bangunan. Namun perlu dipahami bahwa jenis genteng metal minimalis juga banyak. Anda perlu memahami satu per satu agar bisa disesuaikan dengan konsep dan gaya hunian Anda.

Berikut ini kita akan bahas beberapa jenis genteng metal minimalis yang cocok digunakan untuk hunian bergaya modern, antara lain:

  1. Genteng Metal Galvalume

Jenis genteng metal minimalis yang satu ini kerap ditemukan di Indonesia. Sebab, harganya cukup terjangkau dan bahan utama dari jenis atap ini adalah karbon atau baja besi yang dilapisi alumunium dan seng. Sehingga kemudian jenis genteng ini disebut dengan galvalume steel. Jenis atap ini semakin populer karena memiliki daya tahan yang cukup kuat dan tahan korosi. 

Tak hanya itu saja, genteng metal minimalis yang satu ini juga mempunyai tampilan metalik yang tersedia dengan beberapa warna. Adapun keunggulan lainnya yaitu harganya yang relatif terjangkau dibandingkan dengan jenis genteng metal lain.

  1. Genteng Metal Pasir

Selanjutnya adalah genteng metal pasir yang merupakan jenis atap metal terbaru. Untuk material yang digunakan pada jenis atap ini adalah serbuk batuan yang dicampur dengan bahan dasar zincalume, campuran coraltex, dan juga zinc phospat. Jenis genteng metal ini biasanya memiliki variasi ukuran yang berbeda-beda, yakni dari mulai ketebalan 0.20 mm sampai dengan 0.40 mm.

Keunggulan dari genteng metal minimalis yang satu ini adalah anti pecah, tahan benturan, dan juga goresan. Selain itu, jenis genteng ini juga mempunyai lapisan coraltex yang bisa meredam panas. Kemudian untuk pewarnaannya biasanya dibuat menggunakan sistem pengecatan dengan teknologi terbaru. Sehingga warnanya lebih tahan lama dan tidak mudah mengelupas.

  1. Genteng Metal Spandek

Genteng metal spandek merupakan salah satu jenis genteng metal minimalis yang biasanya digunakan sebagai bagian penutup atap di ruko minimalis, mall, ataupun pabrik. Jenis atap ini terbuat dari material galvalum ataupun zincalume yang terdiri dari campuran seng serta alumunium. Akan tetapi, terdapat beberapa produsen atap spandek yang menambahkan material silikon guna meningkatkan kelenturan atap.

  1. Genteng Metal Stainless Steel

Jenis genteng metal minimalis ini merupakan atap yang memiliki beban lebih berat dan kuat dibandingkan dengan aluminium. Namun jenis atap ini memang sangat ideal untuk bangunan yang lokasinya berada di kawasan dengan cuaca ekstrim. Misalnya saja bangunan gudang ataupun pabrik yang lokasinya di pesisir. Karena dengan menggunakan jenis genteng ini, maka akan lebih tahan terhadap terpaan angin dan korosi.

Itulah 4 jenis genteng metal minimalis untuk bangunan sesuai dengan fungsi dan keunggulannya masing-masing. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top